Tipe pemasaran media baru mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar.
Pemasaran Media Baru turut menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.
Dampak media baru dalam perusahaan :
a.Produk barang :
Meningkatkan penjualan, market share, profitabilitas dan return on
investment perusahaan
Mengurangi biaya (lebih efisien) dan dapat melakukan berbagai
kegiatan pemasaran dalam
waktu singkat (lebih efektif)
Meningkatkan profil organisasi yang memungkinkan marketer untuk
meraih pelanggan yang
sebelumnya diluar jangkauan marketer
b.Industri keuangan
Online perbankan menarik bagi pelanggan karena lebih cepat dan
lebih nyaman daripada
mengunjungi cabang bank
c.Pelelangan online
Lelang via internet menjadi bisnis multi-miliar dolar,item unik
yang sebelumnya hanya bisa
ditemukan dipasar loak kini dijual disitus lelang
internet seperti e-bay
.
Perkembangan
Media Pemasaran Digital
•
Transaction marketing (TM) fokus utamanya adalah 4 P sebagai panduan
utnuk menarik pelanggan pada segment tertentu. Misalnya, consumer
banking
yang hanya berfokus pada aktivitas eksternal termasuk iklan.
•Database
marketing (DM) penggunaan database untuk memilih sasaran pada segment tertentu.
Misalnya perusahaan consumer goods mengembangkan database pelanggan dan
mengintegrasikan dengan aktivitas pemasaran eksternal.
•Interaction
marketing (IM) pengembangan interaksi personal anatara karyawan dan pelanggan
individu. Misalnya pelayanan profesional seperti klinik kesehatan atau kantor
bantuan hukum di mana pelayanannya didasarkan pada interaksi face to face
•Network
Marketing (NM) pengembangan hubungan antara pelangga dan perusahaan melalui
jaringan. Misalnya untuk menigkatkan pelayanannya, pabrik otomotif membangun
sebuah hubungan bisnis dengan perusahaan yang bergerak di jasa keuangan.
•E-marketing,
merupakan praktik pemasaran yang menggunakan teknologi interaktif untuk
menciptakan dialog anatar perusahaan dengan pelanggan yang teridentifikasi
Perbedaan
Pemasaran Klasik dan Pemasaran Elektronik.
Tipe pemasaran digital
Pemasaran internet
Persyaratan utama CAN-SPAM Act :
Dilarang menggunakan informasi header palsu atau menyesatkan
Dilarang menggunakan baris subjek yang menipu
Identifikasi pesan sebagai iklan
Menyertakan lokasi keberadaan pengirim kepada penerima pesan
Memantau orang lain yang mengatasnamakan perusahaan utama
Pemasaran tanpa internet
SMS
Salah satu pesan teks melalui ponsel. Pemasaran ini dimulai sejak tahun 2000an di beberapa negara seperti Eropa, Amerika Utara, dan Asia. Pada tahun 2005 alat komunikasi seluler (ponsel) menjadi bentuk pemasaran yang sah di seluruh dunia.Iklan banner
Iklan yang muncul pada halaman web untuk mempromosikan blog atau situs kliennya.
JENIS-JENIS MEDIA BARU
1. E-commerce
2. Lead based website
3. Affiliate marketing
4. display advertising
5. email marketing
6. interactive advertisting
7. search engine marketing
8. Viral Marketing
9. Local Internet marketing
KEUNGGULAN MEDIA PEMASARAN BARU
Perusahaan dapat
memperoleh hasil maksimal dari penggunaan digital marketing dengan menerapkan:
•Reciprocity
•Commitment
•Consistency
•Social
proof or concensus
•Authority
•Liking and Scarcity
Sejumlah keunggulan
digital marketing :
1.Biaya rendah
2.Lebih beda
3.Interaksi intensif
4.Customer partnership
5.Pengukuran statistik
Solusi Pemasaran Media Baru
Solusi pemasaran media baru meliputi penggunaan berbagai saluran pengiriman yang meliputi teknik tarik dan dorong. Hal ini digunakan untuk memperluas dukungan pelayanan perusahaan dan keterlibatan konsumen. Perusahaan perlu menjadi adaptif dan responsif dalam memenangkan konsumen. Pertahanan dalam paradigma baru ini, perusahaan harus membuat komitmen yang kuat untuk pemasaran digital melalui investasi baru dalam teknologi dan inovasi. Berakhir pada solusi pemasaran yang ideal berupa mencapai, retensi, dan pendapatan.Aturan dalam pemasaran digital :
Menargetkan satu segmen dan menciptakan komunitas virtual.
Memperluas peran merek dalam portofolio secara global.
Gunakan harga yang kreatif.
Mengutamakan desain bagi konsumen.
Gunakan eksperimentasi yang bersifat adaptif.
Menemukan kembali riset pemasaran dan pemodelan sebagai penciptaan pengetahuan.
Langkah-Langkah Pemasaran Media Baru
Dalam aktivitas pemasaran media baru terdapat istilah AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action), khususnya dalam proses memperkenalkan produk atau jasa ke pasar (konsumen).Awareness (Kesadaran)
- Dalam ranah digital, pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online, seperti Detik.com.
Interest (Ketertarikan)
- Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Sistem offline, konsumen langsung mencari informasi di pasar. Sistem online, konsumen mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (Google, Yahoo! dll) dan jejaring sosial (Facebook, Twitter dll).
Desire (Keinginan)
- Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa. Sistem online ditandai dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa melalui situs web.
Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.
Pasar adalah tempat komunikasi dua arah. Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek harus melakukan positioning terlebih dahulu, dapat melalui berbagai media (Forum, blog, dan lain-lain) dan yang paling efektif ialah melalui jejaring sosial.
Kunci sukses pemasaran digital
Harus memperhatikan istilah pada AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action).Pasar adalah tempat komunikasi dua arah. Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek harus melakukan positioning terlebih dahulu, dapat melalui berbagai media (Forum, blog, dan lain-lain) dan yang paling efektif ialah melalui jejaring sosial.
PERILAKU KONSUMEN DI ERA MEDIA PEMASARAN BARU
Salah
satu tantangan penyediaan informasi online adalah membuatnya dapat diakses
pengguna. Menemukan
informasi yang tepat dengan mudah sulit dilakukan. Konsumen
menjadi frustasi
dam marah ketika mereka tidak mampu berhubungan je halaman yang dan
dokumen
yang tepat, khususnya bila mereka diyakinkan bahwa jaringan itu ada tetapu
tidak
dapat dicari. Hal ini dapat memperlemah banyak tujuan dari isi online.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar